Saturday, April 01, 2006

 


H@Rt@...H...a...r...t...a...HARTAAA...!!!!!

Allah telah mewajibkan hamba-Nya untuk bekerja menjemput rezki agar dengannya ia bisa terbantu untuk menjalankan ketaatan kepada-Nya.

Islam menganjurkan untuk bekerja dan mencari penghidupan, karena ia adalah agama yang mencintai pekerjaan, mencintai usaha, dan mencintai kemakmuran di bumi.

Rasulullah bersabda : “ Seseorang membawa tali kemudian pergi mencari kayu bakar dan memikulnya di atas punggungnya, lebih baik daripada datang kepada orang yang sedang dikaruniai nikmat oleh Allah, lalu meminta-minta darinya, (karena ia akan menanggung hina baik ketika) diberi maupun ditolak.”

Nabi memuji harta yang diperoleh dengan cara yang baik dan dimiliki oleh hamba yang baik pula. Sabda Nabi “ Sebaik-baik harta adalah yang dimiliki oleh orang yang baik”.

Seorang muslim akan mendapatkan pahala karena memberi makan keluarganya. Sabda Rasulullah saw, Orang Muslim itu akan diganjar karena : “...uang yang engkau belanjakan di jalan Allah, uang yang engkau belanjakan untuk membebaskan budak, uang yang engkau sedekahkan untuk orang miskin, dan uang yang engkau belanjakan untuk keluargamu. Tapi yang paling besar pahalanya adalah uang yang engkau belanjakan untuk keluargamu.”

Ada 2 macam bencana yang menimpa seorang hamba ketika ia mati nanti lantaran hartanya: bencana yang belum pernah didengar oleh mahluk lain. “Semua harta itu akan ditarik dan dimintakan pertanggungjawabannya.” (Yahya ibn Mu’adz)

ISLAM ADALAH AGAMA yang menganjurkan tawakkal, BUKANLAH yang menganjurkan untuk bergantung kepada belas kasihan orang lain. Islam adalah agama yang menganjurkan berusaha, bukan yang menganjurkan untuk berdiam diri.

Umar r.a. mengatakan “ Jangan malas mencari penghidupan lalu memohon, ‘Ya Allah, berilah aku rezki’, karena kalian tahu bahwa langit itu tidak akan menurunkan hujan emas dan perak.’

Namun jangan lupa, Rizki adalah anugerah dari Rabb, untuk menguji hamba-Nya. Karenanya, kafir (tertutup) orang yang mengatakan “ AKU DIBERI HARTA KARENA ILMU YANG ADA PADAKU ”.

Semoga Allah mengaruniakan kepada kita semua rizki yang halal, bagus, dan penuh berkah, serta menjadikan segala yang kita miliki sebagai pendorong untuk taat kepada-Nya.

( Rezki, Abdul Malik al-Qasim )

Comments: Post a Comment

<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?